Visi dan Misi Nagari


A M R I L
Wali Nagari Damar Lapan Batang Inderapura

VISI

   Visi dalam hal ini adalah Visi Pemerintahan Nagari yaitu Visi Wali Nagari. Visi Pemeritahan Nagari pada dasarnya merupakan gambaran masa depan yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Nagari dalam periode 2018 s/d 2024. Fungsi Visi Pemerintah Nagari terutama sebagai arah bagi perjalanan Pemerintah Nagari dan terwujudnya tata kelola pemerintahan Nagari yang baik dan bersih guna mewujudkan Masyarakat yang adil, makmur sejahtera. Visi bukan mimpi dan bukan slogan tetapi visi harus diwujudkan dan dapat diarahkan ketercapaiannya.

   Berdasarkan uraian pada gambaran umum kondisi Nagari dapat disimpulkan bahwa di Nagari Damar Lapan Batang Inderapura masih dijumpai masalah-masalah yang perlu ditangani dengan sungguh-sungguh pada periode 2018 s/d 2024 yaitu pada bidang Ekonomi Rakyat, Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Lingkungan, Kemiskinan, Pengangguran dan Pemerintahan.

Berdasarkan masalah potensi dan harapan masa depan maka Pemerintah Nagari Damar Lapan Batang Inderapura dalam periode 2018 s/d 2024 menetapkan Visi sebagai berikut : 

“Terbangunnya Tata Kelola Pemerintahan Nagari Yang Baik Dan Bersih
Guna Mewujudkan Masyarakat Nagari Yang Adil Makmur Dan Sejahtera”.

Dari Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Mandiri

 Adalah Nagari yang mampu menggali dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada, baik potensi Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam yang berlandaskan Adat dan Agama sebagaimana falsafah hidup di Minangkabau yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

  1. Sejahtera

Mengandung arti masyarakat mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar yang dapat dilihat dengan beberapa ukuran sebagai berikut :

  1. Tercukupi kebutuhan sandang pangan dan papan serta pendidikan dan kesehatan secara wajar dan layak.
  2. Terlaksananya Pembangunan secara berkelanjutan dengan memamfaatkan potensi Sumber Daya Alam Nagari secara berdaya guna untuk memakmurkan rakyat dengan tetap mempertimbangkan Nilai-nilai Agama dan Adat Istiadat serta lingkungan.
  3. Terwujudnya pembangunan yang bersifat partisipatif dalam bentuk pemberdayaan masyarakat sehingga aktifitas pertumbuhan ekonomi Nagari diharapkan dapat berkembang secara adil dan merata sesuai kebutuhan.
  4. Terciptanya Nagari yang tertata rapi, bersih dan asri dengan mengedepankan pola pembangunan berwawasan lingkungan.

   3. Agamais

 Agamais mengandung arti dalam setiap kegiatan maupun tindak tanduk masyarakat selalu berpegang teguh kepada ajaran agama, dalam hal ini adalah agama Islam karena seluruh warga Nagari Lubuk Betung Inderapura memeluk agama Islam. Hal ini sesuai dengan falsafah hidup orang Minangkabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Dengan berpedoman kepada ajaran Islam, maka segala hal-hal yang bertentangan dengan hukum akan terhindari karena ajaran Islam selain mengatur tatanan hidup yang konsekuensinya adalah terhadap Yang Maha Kuasa juga selalu mempunyai relevansi dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Misi

 Misi dalam hal ini adalah misi Wali Nagari. Misi pada dasarnya merupakan penjabaran atau operasionalisasi dari visi. Misi merupakan bidang-bidang yang akan diarungi untuk menuju tercapainya visi yang telah ditetapkan. Misi juga berapa output-output yang pernah diciptakan terlebih dahulu untuk mewujudkan visi. Misi pada dasarnya merupakan beban yang akan dipikul dan diselesaikan agar visi dapat terwujud.

Adapun Misi Wali Nagari Damar Lapan Batang  Inderapura sebagai Berikut:

  1. Mlakukan reformasi system kinerja aparatur pemerintahan Nagari guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menyelenggarkan pemerintahan yang bersih terbebas dari korupsi serta bentuk – bentuk penyelewengan lainnya.
  3. Menyelenggarakan urusan pemerintah Nagari secara terbuka , dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang indangan.
  4. Meningkatkan mutu kesejahteraan Masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi Nagari yang maju dan mandiri.


Comments