Rapat Perubahan APB Nagari Damar Lapan Batang Inderapura Tahun 2019



Tanah Bajak - Kamis, 19 September 2019 Rapat Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Nagari Damar Lapan Batang Inderapura (DLBI) Tahun 2019 dilaksanakan di Kantor Wali Nagari DLBI. Acara ini dihadiri oleh Wali Nagari Damar Lapan Batang beserta jajaran perangkat perangkat Nagari dan ketua BAMUS  beserta anggota bamus nagari DLBI.

Rapat perubahan APB ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dibuka sekaligus dipimpin oleh Sekretaris Nagari, Haridho Saputra, S.Sos.I Beliau memaparkan rincian dan penjabaran perubahan APB Nagari tahun 2019 dalam kaitannya dengan bidang:

  1. Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari
    2. Pelaksanaan Pembangunan Nagari
    3. Pembinaan Kemasyarakatan Nagari
    4. Pemberdayaan Masyarakat Nagari

Diawal rapat, Wali Nagari Damar Lapan Batang Inderapura , Amril menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perubahan APB Nagari  diantaranya adalah sebagai berikut :

-  Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran antar jenis belanja
-  Keadaan yang menyebabkan sisa lebih perhitungan anggaran (SilPA) tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan
- Terjadi penambahan dan/atau pengurangan dalam pendapatan desa pada tahun berjalan
- Terjadi peristiwa khusus, seperti bencana alam, krisis politik, krisis ekonomi, dan/atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan
- Perubahan mendasar atas kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah

Dalam satu tahun anggaran, kecuali dalam keadaan luar biasa APB Nagari dapat dilakukan perubahan hanya satu kali dan selambat-lambatnya 3 bulan (akhir bulan September) sebelum tahun anggaran berakhir yang ditetapkan dengan peraturan nagari.

Dalam rapat perubahan APB Nagari Damar Lapan Batang Inderapura ini, Ketua Bamus Nagari DLBI,  Bpk. Bustami menyampaikan tanggapan mengenai perubahan APB Nagari.Beliau lebih menekankan agar bertanggungjawab dan berhati-hati pada realisasi anggaran yang telah dirancang bersama, mengingat besarnya jumlah dana yang ada. Beliau menambahkan, Pemerintah Nagari maupun pelaksana kegiatan harus mempertimbangkan berbagai aspek agar realisasi APB Nagari bisa transparan dan tepat sasaran.


Comments



Kirim Komentar